HOME

BERITA

WAWANCARA

FEATURE

ARTIKEL

KAMI


Leput412

Sastra Minahasa

Sejarah Minahasa

Potret Minahasa


Senin, 30 Maret 2009

PNS di Kabupaten Minahasa over capacity

Jumlah PNS di Kabupaten Minahasa saat sudah over capacity. Sehingga, muncul pernyataan menarik dari Kepala Dinas Pengelola Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah (PKAPD) Kabupaten Minahasa, Drs Warouw Karouwan MM, kepada wartawan, Senin (30/03). Karouwan mengatakan, berdasarkan fakta ini, maka pada 2009 ini dia menyaranka Pemkab Minahasa untuk menghentikan atau mempending dulu penerimaan CPNS.

Karena over capacity tersebut maka imbasnya, anggaran yang ada dalam APBD lebih banyak terserap untuk membayar gaji dan tunjangan PNS.

“Jumlah PNS yang ada se-karang sekitar delapan ribuan orang. Sementara itu, sepertiga APBD tahun 2009 ini akan digunakan untuk membayar gaji dan tunjangan PNS. Jadi disarankan untuk jangan dulu melakukan penerimaan CPNS pada tahun ini,” ujarnya.

Tapi kalau Pemkab Minahasa tetap akan membuka lamaran CPNS, menurut Karouwan, sebaiknya yang diterima hanya tenaga yang dibutuhkan saja. “Seperti saat ini tenaga akuntansi yang ada memang sangat minim,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan bocoran yang diterima, sejauh ini Pemkab Minahasa dalam hal ini BKD belum mengajukan usulan formasi CPNS ke pemerintah pusat.

Tokoh Pemuda Kab. Minahasa asal Langowan, Venly Massie, STh mengatakan, over capacity ini tak akan terjadi, kalau juga ada perubahan yang mendasar dalam dunia pendidikan kita. ”Pendidikan kita hanya mendidik orang-orang untuk menjadi PNS, belum sampai memfasilitasi peserta didiknya untuk bisa menciptakan lapangan kerja,” kata Massie. (Harian Komentar)

0 komentar: