HOME

BERITA

WAWANCARA

FEATURE

ARTIKEL

KAMI


Leput412

Sastra Minahasa

Sejarah Minahasa

Potret Minahasa


Selasa, 03 Februari 2009

300 Hektar Hutan Lindung Dalam Kondisi Kritis

Pelaku Ilegal Logging Merajalela di Minahasa

Laporan Rikson Karundeng

Tondano, Infominahasa - Kondisi hutan di Kabupaten Minahasa kini semakin memperihatinkan. Hal ini terjadi karena pencurian dan pengrusakan hutan di Kabupaten Minahasa semakin merajalela. Salah satu bukti, Sabtu (31/1) tepat pukul 9.30 Wita, tim polisi hutan dibantu sejumlah aparat kepolisian berhasil menangkap oknum AR alias Alex (40) warga Desa Kumeresot lingkungan Satu Bitung, saat sedang mencuri kayu sebanyak empat kubik di kawasan hutan Rok-rok Mahawu. Penangkapan itu sendiri, dilakukan berdasarkan laporan masyarakat bahwa dikawasan hutan Mahawu sering terjadi pencurian kayu, bahkan luas kawasan hutan Mahawu yang gundul ditebang warga sudah mencapai 30 persen. Kuat dugaan, dari laporan warga dalang dari pencurian kayu adalah JS alias Jhonny (40) warga Kali Pineleng. “Pencurian kayu dikawasan hutan Mahawu sudah semakin parah dan dinas kehutanan akan terus berupaya melakukan penindakan tegas bagi pembalakan liar dilokasi tersebut,”ujar kepala dinas kehutanan Kabupaten Minahasa Journal Mala.

Prestasi penangkapan ini dilakukan oleh operasi illegal loging yang dipimpin Wakil Bupati Minahasa Janjte Wowiling Sajow, bersama timnya yakni Kepala Dinas Kehutanan Minahasa Journal Mala, Kepala Bidang RLPS Dinas Kehutanan Minahasa Noldy VB Rumajar bersama Pabin Polhut Minahasa AKP Abdul Gani dan sebagian masyarakat pencinta lingkungan di Desa Koka. “Oprasi ini akan terus kami lanjutkan. Selang beberapa waktu terakhr ini juga, kami sering menerima laporan dari warga yang ada di Langowan kalau di sejumlah titik di kawasan hutan lindung sering terjadi pembalakan liar. Sejumlah nama pelaku dan otak dari aktifitas ini sudah kami kantongi,” Terang Janjte Sajow.

Sajow juga meminta kepada seluruh masyarakat di Minahasa, apabila terjadi penebangan liar atau perusakan lingkungan hidup, segera melapor kepada pemerintah setempat dan kepada yang berwajib. Ditegaskan Sajow, pemerintah Kabupaten Minahasa telah berkomitmen untuk menindak tegas para pelaku illegal logging.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Sulutlink, Senin (2/2), di Kabupaten Minahasa saat ini terdapat 6.153,86 Ha hutan lindung dan 4.060,5 Ha hutan konservasi yang tersebar di beberapa tempat, seperti kawasan Manimporok di sekitar Pengunungan Soputan, Pegunungan Lembean yang ada di sekitar Tondano dan kecamatan Kombi, Hutan Kawatak Langowan, Pegunungan Lengkoan di wilayah Kawangkoan dan Sonder, sebagian gunung Mahawu, Sebagian Pegunungan Tampusu, pegunungan Tatawiran di wilayah Warembungan dan Sea, serta hutan di wilayah Kayuwatu Kakas.

Luas kawasan Hutan Minahasa Menurut Fungsinya Berdasarkan Perkembangan Pengukuhan Hutan Sampai Saat Ini

Luas kawasan Hutan Minahasa Menurut Fungsinya Berdasarkan Perkembangan Pengukuhan Hutan Sampai Saat Ini

Jenis Hutan

Luas/Ha

Hutan Lindung

6.153,86

Hutan Produksi Tetap

-

Hutan Produksi Terbatas

6.666,5

Hutan Konservasi

4.060,5

Hutan Bakau

300

Jumlah

17.179,86

Sumber Data: Dishut Kabupaten Minahasa

0 komentar: