HOME

BERITA

WAWANCARA

FEATURE

ARTIKEL

KAMI


Leput412

Sastra Minahasa

Sejarah Minahasa

Potret Minahasa


Selasa, 03 Februari 2009

Pemkab Minahasa Seriusi Penataan Kota Tondano

Laporan Rikson Karundeng

Tondano, Infominahasa- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa sepertinya mulai serius untuk menata kota Tondano. Terbukti, tahun 2009 ini pemkab telah memplot sejumlah anggaran untuk pembuatan beberapa infrastruktur penting di kota Tondano dan sekitarnya. Menurut kepala dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Minahasa, Alex Sembung, awal tahun ini pemkab Minahasa akan mulai mengerjakan proyek trotoar sepanjang 2 Km di sepanjang ruasa jalan Kelurahan Tataaran II hingga Kelurahan Koya. “Proyek ini direncanakan akan diselesaikan sebelum pelaksanaan World Ocean Conference,” ujar Sembung.

Sembung juga menjelaskan kalau proyek pembuatan trotoar akan dikerjakan di seluruh jalan protokol yang ada di kota Tondano. Namun, karena keterbatasan dana, tahun ini baru akan dimulai di jalur Tataaran – Koya. “Kawasan ini diprioritaskan karena merupakan pintu gerbang kota Tondano,” jelas Sembung, sembari menambahkan kalau pihaknya sudah melihat pengerjaan proyek tersebut kemungkinan akan sedikit terhambat di wilayah pekuburan Koya-Tataaran karena rata-rata kubur yang ada telah berhimpitan dengan badan jalan.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Sulutlink, tahun ini pemkab Minahasa juga akan mengerjakan proyek pembuatan jalan di jalur simpang empat Bolevard Tondano ke arah kampus UNIMA hingga jalur Kampus UNIMA – Kelurahan Koya. Menurut data yang diperoleh Sulutlink, tahun 2009 telah dianggarkan 44,9 Miliar Rupiah untuk pembuatan jalan di wilayah kabupaten Minahasa. 20,2 Miliar Rupiah diantaranya konstruksi aspal beton.

Kepala dinas PU Kabupaten Minahasa melalui Kasubdin Bina Marga Jopy Kalumata, ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sebagian dari dana pembuatan jalan berbandrol 44,9 Miliar Rupiah tersebut, konstruksinya aspal beton sedangkan sebagian lagi campuran.”Sebagian dana itu akan dibuat aspal beton pada beberapa lokasi, sepanjang kurang lebih 24 Km,” terang Kalumata.

Kalumata juga mengakui kalau sebagian besar pengerjaan aspal beton tahun ini, akan dilaksanakan di sekitar kawasan kota Tondano dalam rangka penataan kota , diantaranya ruas jalan Kelurahan Roong – Paleloan sepanjang 3 Km yang kondisinya kini memperihatinkan, apalagi jika di musim penghujan.

0 komentar: