HOME

BERITA

WAWANCARA

FEATURE

ARTIKEL

KAMI


Leput412

Sastra Minahasa

Sejarah Minahasa

Potret Minahasa


Jumat, 06 Februari 2009

CPNS Minahasa Pertanyakan Status

Soriton : Pekan Depan Mereka Segera Miliki NIP

Laporan Rikson Karundeng

Tondano, Infominahasa - Sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Minahasa sepertinya sudah tak sabar menanti kursi kerja yang baru di lingkup pemerintahan Kabupaten Minahasa. Kepada Sulutlink, Jumat (6/2) sejumlah CPNS baru yang tak mau menyebutkan namanya, mengungkapkan kalau mereka sedikit gerah karena hingga kini belum ada kejelasan soal status mereka. “Ini proses terlalu lama. Jadi, barangkali wajar kalau kami pertanyakan soal keseriusan Pemkab dalam pengurusan berkas para CPNS yang lulus,” ujar salah seorang sumber.

Ketua Baperjakat pemerintah Kabupaten Minahasa, Yan F. Soriton ketika dikonfirmasi Sulutlink, Jumat (6/2) mengungkapkan kalau pihaknya hingga kini terus berusaha keras agar proses pengurusan CPNS Minahasa yang baru segera selesai. “Hingga sekarang ini, pengurusannya kami proses sesuai dengan prosedur yang ada. Jadi, kalau ada keterlambatan itu bukan karena kami sengaja tapi kerena prosesnya memang memakan waktu. Para CPNS yang baru harus sabar. Kami pastikan, pekan depan mereka sudah miliki Nomor Induk Pegawai,” ujar Soriton yang sehari-hari dekenal sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten Minahasa, Jorry Gumansing ketika ditemui Sulutlink, membenarkan apa yang diungkapkan Soriton. Menurutnya, setelah selesai tes beberapa waktu lalu, berkas tes langsung dikirimkan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN), beserta berkas lain yang menjadi kelengkapan para CPNS yang dinyatakan lulus. “Semuanya kami proses sesuai dengan aturan. Saat ini semua berkas para CPNS sudah ada di BKN dan tinggal menunggu penetapan NIP. Jadi tidak lama lagi para CPNS yang baru akan segera berstatus sebagai PNS di Kabupaten MInahasa,” tegas Gumansing.

Gumansing menambahkan, setelah NIP para CPNS telah mereka terima dari BKN, selanjutnya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Penetapan dari Bupati Minahasa. “Setelah ada SK penetapan dari Bupati, para PNS yang baru akan langsung ditempatkan di dinas atau instansi yang ada sesuai kebutuhan,” terang Gumansing.

Ketika ditanya soal status para Sekretaris Desa (Sekdes) yang akan diangkat menjadi CPNS, Gumansing menjelaskan kalau berkas dari para Sekdes yang memenuhi syarat saat ini sudah berada di BKN dan tinggal menunggu proses selanjutnya. “Selain berkas tiga ratus lebih CPNS, sudah termasuk 37 honda, saat ini sedang juga diproses di BKN berkas 36 sekdes di Minahasa yang akan diangkat pada tahap pertama ini. Kemungkinan akan selesai juga dalam waktu dekat,” ujar Gumansing.

0 komentar: