HOME

BERITA

WAWANCARA

FEATURE

ARTIKEL

KAMI


Leput412

Sastra Minahasa

Sejarah Minahasa

Potret Minahasa


Rabu, 29 April 2009

Minahasa Kecipratan Dana Bencana Rp.1,8 M

Laporan Rikson Karundeng

Tondano, Infominahasa – Kabupaten Minahasa ternyata lebih beruntung dari beberapa kabupaten/kota lainnya di Propinsi Sulawesi Utara. Pasalnya, dari sejumlah kabupaten/kota yang terkena bencana berapa waktu yang lalu, hanya kabupaten Minahasa yang mendapat dana stimulan dari Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Departemen Kelautan dan Perikanan sebebsar Rp. 1,8 Miliar.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa, Ir Dolfie Wowiling, ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, bantuan itu akan dimanfaatkan untuk pembuatan 40 unit rumah tipe 2.7 bagi para korban. “Proposal Minahasa memang waktu lalu lebih dulu masuk dan itu direspons pemerintah pusat. Waktu lalu masyarakat kita yang terkena bencana ada di pesisir pantai kecamatan Kombi, Lembean Timur, Kakas dan Langowan Timur. Sekarang ini para korban sedang di tampung di Balai Desa Rumbia. Jadi rencananya rumah-rumah tersebut akan dibangun di sekitar lokasi bencana itu. Sekarang kita sudah dalam tahap sosialisai setelah sebelumnya telah melakukan pendataan bagi keluarga yang berhak mendapat bantuan,” terang Wowiling.

Ketika ditanya soal status tanah yang akan menjadi lokasi pembangunan rumah tersebut, Wowiling menjelaskan kalau saat ini sudah tidak ada persoalan dan tinggal menunggu pengesahan secara resmi mengenai hibah tanah yang akan digunakan.”Tanah sudah ada, tinggal menunggu pembangunan saja. Rencananya habis sosialisasi, bulan Mei dan Juni proses tender akan dimulai dan tahap pembangunan akan dilaksanakan sesudah proses tender. Pokoknya, tahun ini proyek tersebut sudah selesai. Jadi, kita dinas hanya memfasilitasi pengerjaan proyek ini,” tegas Wowiling sembari menambahkan kalau dana tersebut tidak melalui propinsi tapi langsung ke bendahara di daerah.

Wowiling juga menjelaskan kalau rumah yang akan dibangun adalah model rumah sehat dan ramah lingkungan. “Rencananya, tiap rumah akan memperoleh lahan 10x10 M dan itu akan di bangun berjarak 100 M dari pantai. Dengan harapan para penduduk nantinya akan menanam sejumlah tanaman pelindung diantara rumah mereka dan pantai yang nantinya akan melindungi rumah mereka dari terjangan ombak dan angin,” terang Wowiling.

Menurut Wowiling, jika proyek ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan, pemerintah pusat sudah berjanji untuk menambah kembali dana bantuan bagi Minahasa.

0 komentar: